Kegiatan FKD dan Sosialisasi Kader PMBA kepada Kader Posyandu

  • Feb 27, 2021
  • pemdes keboromo

[caption id="attachment_1178" align="aligncenter" width="716"] Bidan Desa dan Ketua FKD membuka acara koordinasi[/caption] Keboromo, Kamis, 25 Februari 2021 

Keboromo-tayu.desa.id Kegiatan FKD (Forum Kesehatan Desa) adalah merupakan wadah partisipasi bagi masyarakat dalam mengembangkan pembangunan kesehatan di tingkat Desa. Hadir pada acara diantarnya Bidan Desa, Ketua FKD dan Kader Kesehatan di Keboromo. acara dimulai pukul 09.00 wib tanggal 25 Februari 2021 di Balai Desa Keboromo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati.

Kegiatan tersebut juga disertai dengan sosialisasi Kader PMBA ( Pemberian Makan Bayi dan Anak). Kader PMBA terdiri dari 2 orang di Desa Keboromo yaitu Ibu Widian Mukholifah dan Khurryyatun Nurus S. yang sudah mengikuti pelatihan di Puskesmas Tayu I. Hasil pelatihan Kader PMBA disampaikan kepada Kader Kesehatan di Desa Keboromo.

Sosialisasi bertujuan untuk membekali kader kesehatan Desa Keboromo dengan  pengetahuan, ketrampilan dan alat untuk mendukung ibu, ayah dan pengasuh dalam meningkatkan praktik pemberian makan kepada bayi dan anak secara optimal.

[caption id="attachment_1179" align="aligncenter" width="320"] Acara pembukaan Koodinasi FKD dan sosialisasi [/caption]

Fungsi  FKD adalah sebagai mengembangkan  sistem kesehatan desa yang meliputi  kegiatan gotong royong masyarakat, upaya kesehatan, pengamatan dan pemantauan kesehatan (surveling), dan pembiayan kesehatan, juga sebagai wadah untuk merumuskan dan memecahkan masalah kesehatan di desa.

[caption id="attachment_1182" align="aligncenter" width="300"] Peserta adalah dari Kader Kesehatan[/caption] [caption id="attachment_1180" align="aligncenter" width="300"] Penyampaian Kader PMBA dan Bidan Desa[/caption]