Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Sebagai Evaluasi Dan Penanganan Kesehatan Masyarakat Desa Keboromo

  • Oct 07, 2021
  • pemdes keboromo

[caption id="attachment_1325" align="aligncenter" width="574"] Kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa Keboromo Tahun 2021[/caption]

Keboromo-tayu.desa.id - Rabu, 6 Oktober 2021 Puskesmas Tayu I telah menyelenggarakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) bertempat di Balai Desa Keboromo. Musyawarah ini berkaitan dengan hasil survei oleh pendata dari kader kesehatan Desa, meliputi Survei Mawas Diri, PHBS, Balita, ibu hamil dan covid-19.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kader Kesehatan Desa, Perangkat dan Kepala Desa, FKD, Ketua RT, Karang Taruna dan pihak Puskesmas Tayu I. Acara tersebut dimulai pukul 09.00 Wib sampai selesai. Kegiatan ini menggunakan protokol kesehatan ketat. Acara berjalan lancar dan dibatasi 1 setengah jam mengingat masih situasi PPKM Jawa Bali.

[caption id="attachment_1326" align="aligncenter" width="332"] Peserta sangat antusias mengikuti acara MMD[/caption]

Hasil dari pendataan di evaluasi dan mendapatkan solusi kedepannya. Beberapa solusi diantaranya mensosialisasikan efek penggunaan rokok, menindaklanjuti untuk mengadakan sanitasi komunal, pengadaaan alat ukur bayi dan balita, memberikan pengetahuan peternak yang kandangnya bedekatan dengan pemukiman, dan solusi tersebut nanti menjadi usulan untuk disampaikan di Desa.

[caption id="attachment_1327" align="aligncenter" width="361"] Pembawa acara menyampaikan runtutan acara[/caption]

Usulan-usulan dari MMD juga nanti diusulkan ke Musyawarah tingkat Desa yaitu Musrenbangdes. Harapannya kedepan permasalahan kesehatan Desa Keboromo dapat terselesaikan secara bertahap dan saling mendukung baik dari Masyarakat, Pemerintah Desa dan Puskesmas Tayu I