Kegiatan Kelas Bumil Membantu Ibu-Ibu Dalam Proses Persalinan

  • Feb 08, 2021
  • pemdes keboromo

[caption id="attachment_1142" align="aligncenter" width="776"] Kelas ibu hamil di Balai Desa Keboromo Tahun 2021[/caption] KEBOROMO: Kamis, 4 Februari 2021

Keboromo-tayu.desa.id - Kegiatan kelas ibu hamil menjadi program penting dari Desa Keboromo dan Puskesmas Tayu I sebagai pelaksanaan peraturan Pemerintah. Kelas ibu hamil dilaksanakan di Balai Desa Keboromo karena tempat yang mendukung, luas dan nyaman. Bidan Desa menjadi instruktur dalam pelaksanaan kelas ibu hamil di Desa Keboromo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati tahun 2021.

Senam Ibu Hamil ini berjalan setiap tahun selama 4 kali kegiatan. Kegiatan senam ibu hamil juga mendapatkan PMT (Penambahan Makanan Tambahan) bagi ibu hamil yang ikut didalamnya. Selain itu instruktur senam ibu hamil ini juga dari Bidan Puskesmas Tayu I dan ditambah dengan penyampaian dari Kepala Puskesmas Tayu I yaitu Bapak Mustain, M.kes.

[caption id="attachment_1143" align="aligncenter" width="431"] Penyampaian Bidan dan Kepala Puskesmas Tayu I[/caption]

Bapak Mustain menyampaikan terkait kebijakan BPJS, di masa pendemi Covid-19 Ibu hamil diwajibkan swab 2 minggu sebelum HPL. Memberikan motivasi kepada ibu-ibu hamil agar menjaga kesehatan serta pola makan agar ibu dan janin sehat sampai proses persalinan.

Sasaran peserta kelas ibu hamil sebaiknya ibu hamil pada umur kehamilan 4 sampai 36 minggu karena pada umur kehamilan ini kondisi ibu sudah kuat. Jumlah peserta kelas ibu hamil maksimal 10 orang setiap kelas, jika diperlukan suami/ keluarga diikut sertakan. Harapannya kelas ibu Hamil di Desa Keboromo bisa membantu ibu-ibu hamil dalam proses persalinan nanti. Sehingga ibu sehat dan anak bisa lahir dalam keadaan normal dan sehat.

[caption id="attachment_1146" align="aligncenter" width="446"] Materi Kelas Ibu hamil disampaikan oleh Bidan Puskesmas Tayu I[/caption] [caption id="attachment_1148" align="aligncenter" width="442"] Bidan Desa memberikan Instruktur gerakan Kelas Ibu Hamil[/caption] [caption id="attachment_1149" align="aligncenter" width="431"] Sosialisasi tentang BPJS, aturan tentang Swab bagi bumil 2 minggu sebelum HPL[/caption]