Musrenbangdes Desa Keboromo Tahun 2020 Dalam Rangka Penyusunan RKP Desa Tahun 2021

  • Nov 11, 2020
  • pemdes keboromo

[caption id="attachment_1039" align="aligncenter" width="939"] Musrenbangdes Desa Keboromo Tahun 2020 dalam rangka penyusunan RKP Desa 2021[/caption] KEBOROMO: Selasa, 10 November 2020.

Keboromo-tayu.desa.id - Musrenbangdes adalah forum rembug warga desa yang dilakukan untuk membicarakan masalah dan potensi desa agar teridentifikasi dengan baik untuk memberikan arah yang jelas atas tindakan yang layak menurut skala prioritas dan dilaksanakan dalam mengatasi masalah atau memaksimalkan potensi yang dimiliki sebagai dasar program kerja pemerintah desa melaksanakan penganggaran dan kegiatan tahunan desa(simpeldesa.com).

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Keboromo dilaksanakan pada hari selasa, 10 November 2020 bertempat dibalaidesa Keboromo. Musrenbangdes diikuti oleh Camat Tayu yang diwakili Kasie PMD Ibu Umi Nadliroh, S.T. beserta staf, Perangkat Desa, BPD, LPMD, PKK Desa, RT/RW, Linmas, BUMDes, Bidan Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Keboromo Kecamatan Tayu. [caption id="attachment_1037" align="aligncenter" width="426"] Para peserta Musrenbangdes tahun 2020[/caption] Musrenbangdes Desa dilaksanakannya model perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat. Para peserta menyampaikan usulan diwilayahnya. Diantaranya Bapak Warsono ketua RW 01: menyampaikan perbaikan saluran irigasi di wilayah RW 02 sampai RW 01. Disambung oleh Bapak H. Joko: terkait penanganan sampah di wilayah RW 01, kemudian Bapak Priyanto: Mohon untuk Pengaspalan di wilayah Jalan Utara Desa/ Jalan utama karena sudah mulai rusak, dan Ibu Umi Kulsum juga menyampaikan terkait program PKK Desa Kedepan. Ditambah lagi, Ketua RT 06 RW 04: Permohonan Pengaspalan diwilayah RT 04 - RT 07 RW 04 Desa Keboromo. Beberapa usulan dari RT/RW yang tidak sempat disampaikan diforum, RT/RW mengumpulkan lembar usulan kepada Desa untuk dijadikan dasar perencanaan Pembangunan Desa sehingga bisa membedakan mana skala prioritas. Musrenbangdes tahun 2020 tetap menggunakan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. [caption id="attachment_1040" align="aligncenter" width="377"] Ketua PKK Desa sedang menyampaikan aspirasinya di Musrenbangdes[/caption] [caption id="attachment_1041" align="aligncenter" width="410"] Doa oleh Moden Desa saat Musrenbangdes[/caption] [caption id="attachment_1042" align="aligncenter" width="395"] Peserta Musrenbang antusias mendengarkan saat tanya jawab[/caption] Hasil dari Musrenbangdes Desa Keboromo tahun 2020 mendapatkan kesepakatan diantaranya:
  1. Menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada perencanaan/tahun yang akan datang.
  2. Mengingat Dana Desa (DD) sudah tidak mencukupi untuk penyaluran BLT-DD bulan ke 7,8,dan 9. sehingga BLT-DD hanya sampai bulan ke 6 tahun 2020.
  3. Menyepakati beberapa pembangunan yang tertunda ditahun 2020 bisa dilanjutkan ke tahun 2021.
  4. Penanganan sampah diwilayah RW 01 dengan pemasangan himbauan dengan banner.
  5. Beberapa usulan yang disampaikan diforum musyawarah, dan lembar usulan Musrenbangdes tahun 2020 yang dikumpulkan oleh RT/RW kepada Desa, akan ditampung sebagai bahan untuk perencanaan RKP Desa Tahun 2021.
Harapannya Musrenbangdes tahun 2020 semua aspirasi warga Desa Keboromo bisa terserap merata di Desa Keboromo, dan terealisasi secara bertahap. Sehingga beberapa pembangunan yang sudah berjalan dapat meningkatkan aktivitas perekonomian dan berdampak positif kepada masyarakat Desa Keboromo umumnya bagi kabupaten pati.(Red).