Sosialisasi dan Pelaksanaan Pendataan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

  • Feb 10, 2021
  • pemdes keboromo

[caption id="attachment_1154" align="aligncenter" width="664"] Kegiatan Sosialisasi dan Pendataan STBM bersama Kader Kesehatan[/caption] Keboromo: Selasa, 8 Februari 2021

Keboromo-tayu.desa.id  Pada hari selasa 8 Februari 2021 bertempat di Balai Desa Keboromo Kecamatan telah diadakan sosialisasi dan pelaksanaan pendataan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) oleh Pihak Puskesmas Tayu I. Kegiatan tersebut dimulai pukul 09.00 Wib sampai selesai. Hadir dalam kegiatan tersebut Ibu Endang Kiswati selaku Pihak Puskesmas Tayu I didampingi Bidan Desa, dan Kader Kesehatan Desa dari masing-masing RT/RW.

Acara dimulai dari Penyampaian oleh Ibu Endang tentang tatacara pengisian data dan pelaksanaan pendataan dilapangan. Pengisian pendataan STBM terdiri dari 5 pilar kegiatan yaitu: 1. Stop buang air besar sembarangan (Stop BABS), 2. Cuci Tangan Pakai Sabung (CTPS), 3. Pengelolaan air minum dan makan rumah tangga (PAM-RT) 4. Pengelolaan sampah rumah tangga, 5. SPAL atau pengelolaan limbah cair rumah.

[caption id="attachment_1155" align="aligncenter" width="335"] Penyampaian dari Puskesmas Tayu I oleh Bu Endang Kiswati[/caption]

  Kader kesehatan yang hadir memperhatikan penyampaikan dari Ibu Endang. Dalam kegiatan tersebut juga ada sesi tanya jawab terkait cara pengisian data sesuai form sampai pelaksanaan pendataan dan kendala-kendala dilapangan. Setelah pendataan nanti data akan dikumpulkan ke Bu Endang Kiswati untuk pelaporan ke DKK.

Salah satu kader bertanya ucap"Bu Dian" Bagaimana jika warga satu rumah ditempati 2 KK? "Bu Endang pun menjawab" Kepala Keluarga yang pemilik rumah awal dipilih, serta 5 Pilar yang ada di form dicatat. Dipilih salah satu. satu KK lain berarti kategori numpang KK satunya. "Bu Dian" Terimakasih bu jawabannya. 

  [caption id="attachment_1157" align="aligncenter" width="336"] Pembagian Form data kepada Kader kesehatan[/caption]

Setelah sosialisasi dan penyampaian pengisian pendataan STBM, ditambahkan tanya jawab kader kesehatan yang ikut didalamnya. Harapannya bisa memberikan pengetahuan dan pendataan berjalan dengan lancar. Sehingga kader juga bisa memberikan pengetahuan kepada warga sampai tercapainya Gerakan Masyarakat (GERMAS) dengan pendekatan 5 Pilar STBM.

[caption id="attachment_1158" align="aligncenter" width="314"] Kader Kesehatan fokus memperhatikan materi yang disampaikan[/caption] [caption id="attachment_1159" align="aligncenter" width="308"] Bidan Desa memimpin acara tersebut[/caption]